Empat Hari Tiga Malam Berlibur ke Negeri-negeri Tetangga

Akhirnya ada juga waktu untuk menulis pengalaman liburan bertiga di bulan Desember lalu. Saya dan anak-anak hanya pergi bertiga karena ayah mereka sedang sibuk-sibuknya menyiapkan laporan untuk audit di kantornya menjelang akhir tahun.

Sejak dua tahun lalu kami sudah mendengar anak sulung kami membicarakan “Legoland” yaitu semacam tempat hiburan dan bermain untuk anak-anak keluaran “Lego” sementara adiknya yang tadinya biasa saja jadi berminat juga setelah melihat foto-foto sepupunya menginap di hotel “Legoland” dimana interior kamarnya sangat menarik.

Sejak mengutarakan keinginannya untuk ke sana, setiap kali memasukan koin dari kami ke kaleng tabungannya, si bungsu selalu mengatakan bahwa tabungannya itu untuk liburan ke “Legoland”. Dia memang belum mengerti nilai uang meskipun bisa membaca nominalnya karena saya sudah membiasakannya menabung sejak usia dini. Segala pemberian berupa uang dari neneknya, om-omnya dan tante-tantenya juga koin-koin dari kami apabila sudah memenuhi kaleng tabungannya biasanya dia setorkan ke bank bersama saya sepulang sekolah.

Kebetulan keduanya juga baru memasuki SMP dan SD sehingga kami menggunakan rencana liburan ke “Legoland” ini  untuk memotivasi mereka agar lebih rajin sholat, belajar dan menabung.

Alhamdulillah, hasil evaluasi belajar mereka di smester lalu cukup memuaskan, baik bagi mereka sendiri maupun kami orangtuanya, si kakak mendapat peringkat ketiga di kelasnya sementara si adik peringkat kedua.

Kami sebenarnya tidak terlalu menekankan mereka harus mendapat peringkat di kelas masing-masing terutama saya karena dulunya saya termasuk anak yang santai ketika masih bersekolah. Buat saya, mereka sudah rajin masuk sekolah, mau sholat dan disiplin membaca lagi pelajaran yang  sudah diberikan di sekolah setiap hari, juga sopan dan santun ketika berinteraksi dengan teman-teman dan gurunya sudah cukup memuaskan hati saya.

Namun demikian, saya juga setuju dengan pendapat suami, mereka harus dibiasakan mendapat apa-apa yang diinginkan dengan berjuang terlebih dahulu. Apalagi mereka berdua setipe dengan ayahnya yaitu tipe gamer, tipe yang senang diberi tantangan dan hadiah yang menarik untuk pencapaian akan sesuatu sehingga saya hanya sesekali mengingatkan mereka tentang rencana liburan ini untuk memotivasi mereka.

Saya mulai berburu informasi dan juga membuat reservasi untuk transportasi dan akomodasi liburan ini setelah rapor bayangan hasil ujian tengah smester mereka dibagikan.

Ayah mereka secara khusus meminta saya segera mengurus segala sesuatu untuk liburan smester mereka setelah melihat nilasi-nilai mnereka yasng memuaskannya. Sempat mau menggunakan jasa suatu tour & travel namun harga paketnya setelah saya periksa lagi ternyata jauh lebih tinggi dari total biaya transportasi dan akomodasi yang kami pilih-pilih sendiri. Apalagi ketika saya menemukan bahwa lokasi hotel yang mereka sediakan nantinya berada di dekat distrik lampu merah, saya langsung tidak berminat lagi menggunakan jasa tour & travel itu.

Setelah mempelajari berbagai pilihan rute, biaya dan kemudahan yang tersedia melalui internet, saya memilih rute liburan kami ke “Legoland”, Johor Bahru, Malaysia ini melalui Singapura sehingga bisa ke “Universal Studios” dan berharap sempat ke “National Orchid Garden” juga.

Saya memutuskan liburan kami dihabiskan di hari kerja saja setelah positif mengetahui ayah mereka tidak bisa ikut . Sengaja saya rencanakan demikian agar ketika kami pulang dari liburan, kami masih bisa berakhir pekan dan bersenang-senang juga dengannya. Rencana liburan yang saya susun saat itu adalah :

Senin, 21/12/2015

CGK-SIN first flight 07:10 – 09:55

Langsung ke Johor Bahru dengan bis Transtar dari Changi Airport

Check in di Legoland hotel

Menikmati Legoland theme park

Selasa, 22/12/2015

Pagi masih menikmati Legoland water park

Siang kembali ke Singapura dengan bis

Check in di hotel Fragrance Bugis

Malam ke Merlion park

Rabu, 23/12/2015

Seharian di Universal Studios

Kamis, 24/12/2015

Pagi ke Singapore Botanic Gardens & Orchid Garden dan Singapore Zoo

Ke Hard Rock Cafe

SIN-CGK last flight 21:20 – 22:10

Demikian rencana liburan kami namun pada kenyataannya nanti, tidak semua berjalan sesuai rencana, seperti pembatalan ke Singapore Zoo karena waktu tidak memungkinkan dan perubahan waktu ke Merlion Park dan Hard Rock Cafe. Namun kami bertiga tetap menyukai liburan yang singkat dan padat ini. Berikut artikel- artikel yang menceritakan pengalaman kami di sana, semoga bermanfaat. 😇

1. Liburan Bertiga ke Legoland, JHB

2. Menyusun Lego Raksasa di Legoland Water Park, JHB

3. Seharian di Universal Studios, Singapura

4. Tercapai juga Keinginan ke National Orchid Garden, Singapura

Leave a Reply

